Gimana cara bikin kuesioner

Posted On Juni 18, 2008

Filed under Riset
Tag: , ,

Comments Dropped 35 tanggapan

Temen2, sebenernya bikin kuesioner itu gampang-gampang susah…

 Bagi temen2 yg dah terbiasa pasti ngerti detil operasionalisasi bikin kuesioner , tapi bagi temen2 yg belum ngerti bahkan belum tau apa yang namanya kuesioner,, bisa kok belajar dari sini

Kuesioner biasa dipakai para peneliti, instansi riset maupun perusahaan untuk mengetahui feedback dari apa yang ingin mereka pelajari. penelitian yang menggunakan kuesioner biasanya bersifat kuantitatif. secara ilmiah, kuesioner diartikan sebagai daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis, kemudian diisi oleh responden (Bungin, 2005 : 123).

Kuesioner sendiri bisa disampaikan oleh responden melalui wawancara (diisi oleh interviewer) maupun diisi sendiri oleh responden (self answer) dengan ketentuan2 tertentu…

Bikin kuesioner biasanya dimulai dari penelusuran operasionalisasi dimensi-dimensi yang ingin diteliti… misalnya kita ingin meneliti tentang penggunaan media sebuah tayangan televisi maka kita tinggal mencari teori mengenai penggunaan media kemudian menentukan dimensi yang terkait dengan topik tersebut, misalnya : frekuensi, durasi, dan atensi menonton, serta motif menonton acara tersebut… dari dimensi tersebut dapat dikembangkan elemen-elemen yang akan diteliti dan akan dijadikan item pertanyaan yang kemudian dijadikan sebagai indikator variabel penelitian.

 Mudah kan ???? di bawah ini aq cantumkan contoh kuesioner yang bisa dipakai untuk meneliti motif menonton suatu acara televisi. kuesioner ini merupakan angket tertutup dan menggunakan skala likert. skala likert biasanya berhubungan dengan pernyataan tentang sikap seseorang terhadap sesuatu(Umar, 2002 :95). alternatif jawabannya biasanya dari sangat setuju sampai sangat tidak setuju, dari sangat tidak puas sampai sangat puas… untuk macam2 skala penelitian ini akan dibahas dalam topik berikutnya (don’t leave to see ya !!!)

contoh kuesioner dapat di download disini Contoh Kuesioner

oke… sekarang temen2 bisa bikin kuesionermu sendiri !!! selamat berkreasi :)

 

35 Responses to “Gimana cara bikin kuesioner”

  1. deva

    saya mau tanya donk,
    saya sdg menysun skripsi n di dlamnya saya menggunkaan instrument penelitian berupa kuesioner.
    skripsi saya bersifat penelitian kualitatif, tentang pemeriksaan operasional.
    Dalam kuesioner saya menggunakan skala likert tapi dilengkapi dengan data interval, sperti pilhan jwaban 1 = tidak ada(0%), 2 = ada dan sangat tidak baik (0-33,33%), 3 ada dan kurang baik (33,33-66,66%), 4 = ada dan baik (66,66-99,99%), 5 = ada dan sangat baik (100%).
    yang saya mau tanyakan, apakah skala tersebut bisa dikategorikan dalam skala likert??
    dan apakah skala sperti itu diijinkan dlaam kuesioner??
    n adakah dasar yg mendukung skala seperti itu?
    terima kasih banyak yah…

  2. dunianyarida

    Dear Deva….
    biasanya alternatif jawaban kuesioner pada tiap indikatornya dapat berupa skala nominal, ordinal, interval atau rasio.. yang Deva pergunakan adalah skala pengukuran rasio karena memiliki sifat skala interval yakni ada jarak antar nilai pada jawaban dan memiliki nilai nol tertentu seperti yang deva sebutkan…
    ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam penggunaan skala kuesioner, antara lain : skala Likert, Semantic Differential, Guttmn, Bogardus, dll… penggunaan pendekatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penelitian… dan yang deva gunakan dalam kuesioner tersebut adalah skala Likert dengan 5 alternatif jawaban dan kategori tersebut bisa digunakan dalam penelitian….
    jadi kesimpulannya skala penelitian yang deva gunakan adalah skala rasio dengan pendekatan skala Likert…

    semoga sukses skripsinya, Deva :)

  3. yosep

    saya butuh kuesioner tentang teknologi tugas yang fit dan kinerja individuak

  4. yosep

    saya butuh kuesioner tentang teknologi tugas yang fit dan kinerja individual

  5. bLue_beRRy

    Dear Yosep,,
    bisakah saya mengetahui secara detail mengenai tujuan penelitian saudara ??? anda bisa mengirimkannya melalui email saya… akan saya bantu semampu saya untuk membuatkan kuesionernya

  6. sari

    saya bingung bagaimana menentukan skor dalam skala likert. bisa g lebih di jelaskan lagi? bisa g kirim ke emailku? tq ya…..

  7. dee

    hmmm mau tanya duung,, kalo kuesioner untuk skala likert itu bebas kah pilihan jawabannya?? atau udah ditentuin..
    misalnya : ada yang Sangat Puas, ada juga Sangat Baik,,
    hmm jadi gimana yaaa baiknyaa…
    hehehe… maaciy…

  8. bLue_beRRy

    dear dee,,,
    biasanya dalam membuat pilihan jawaban dikuesioner disesuaikan dengan pernyataan yang telah dibuat untuk diminta pendapatnya dari responden…
    klo misalnya pernyataan bersifat untuk mengetahui kepuasan responden maka skla likert bisa dimulai dari sangat tidak puas sampai sangat puas…

  9. twasty

    Saya membutuhkan kuesioner tetang perkembangan teknologi di kalangan mahasiswa fakultas teknologi informasi,kira-kira bgaimana cara memebuat kuesionernya?karena saya sama sekali tidak mengerti cara membuat kuesioner.Terimakasih

  10. tia

    bisakah anda memberikan contoh kuesioner untuk mengetahui pengaruh pembiayaan yang diberikan lembaga keuangan terhadap pendapatan pengusaha kecil

  11. sica

    minta bantuannya dong, boleh minta contoh-contoh kuesioner dalam penelitian apa aja (semua bidang) dengan empat skala pengukuran: nominal, ordinal, interval, & rasio masing-masing satu saja. & tolong kirim ke email saya. makasih banyak.

  12. intan

    salam kenal,
    saya mohon sarannya..saya hendak bikin skripsi mengenai hubungan antara iklim komunikasi organisasi dengan tingkat kepuasan kerja dan pakai variabel kontrol usia, masa kerja, dan tingkat pendidikan. kira-kira uji statistik apa yang bisa saya gunakan?? saya pun bingung menentukan variabel tadi termasuk skala apa?Bisa bantu saya membuat kuesioner? saya sudah memiliki indikator variabelnya, tapi bingung bagaimana cara membuat kuesioner yang benar..terima kasih

    • bLue_beRRy

      Ada beberapa uji statistik untuk mengetahui hubungan antar variabel seperti korelasi, regresi.. Untuk kasus yang mbak intan sampaikan lebih cocok menggunakan regresi untuk mengetahui adakah pengaruh kontrol usia, masa kerja, dan tingkat pendidikan terhadap iklim komunikasi organisasi… Boleh dikirimkan indikator variabelnya ke email saya ??? InsyaAllah saya bantu

  13. wie

    aQ lg bkin tugas small scale research bwt marketing, brp kuantitatif, nah dosen aQ bilang untuk skala pnelitian 9a cuma likert dan dua skala lain yang sdh umum dgunain (tp aQ lupa namanya). jadi selain tiga macam skala itu ada skala apa lagi c y9 ccok utk pnelitian kuantitatif??tlg bls k email aQ yaa…trims

    • bLue_beRRy

      Dear wie,
      sebenernya ada 4 skala pengukuran dalam penelitian yakni Skala Nominal, Skala Ordinal, Skala Interval, Skala Ratio. sedangkan tipe skala seperti yang kmu maksud mang ada beberapa tipe juga, yakni Skala Likert, Skala Guttman, Semantic Differensial, Rating Scale.. masing2 skala tersebut dsesuaikan aplikasinya sm penelitian yang akan dilakukan…

  14. zaky

    salam…
    emm,, dalam penyusunan tata ruang kota dan transportasi atau lebih tepatnya dalam penyelesaaian tugas besar dengan judul “perkembangan lahan kota dan pengaruhnya terhadap sistem transportasi” apakah quissioner likert dapat diterapkan disini …….??? mohon bantuannya,,
    oh ya,, kalau bisa contoh format quissionernya sekalian,,,

    salam kenal
    NAD, lhokseumawe

  15. rainer

    salam kenal ,
    saya mahasiswa sedang menyusun ta akhir yang berhubungan dengan membuat kuisioner . saya awam dan belum pernah membuatnya , jadi saya mohon bantuannya untuk membantu saya membuat kuisioner . adapun yang mau saya teliti adalah pengaruh fenomena sosial terhadap kemajuan studi . Gimana ? apakah bisa di bantu ( Kalau boleh jawabannya , kirimjuga ke email saya ) maaf merepotkan .

  16. rainer

    salam kenal ,
    saya mahasiswa sedang menyusun ta akhir yang berhubungan dengan membuat kuisioner . saya awam dan belum pernah membuatnya , jadi saya mohon bantuannya untuk membantu saya membuat kuisioner . adapun yang mau saya teliti adalah pengaruh fenomena sosial terhadap kemajuan studi . Gimana ? apakah bisa di bantu ( Kalau boleh jawabannya , kirimjuga ke email saya ) maaf merepotkan .

  17. rainer

    salam kenal ,
    saya mahasiswa sedang menyusun ta akhir yang berhubungan dengan membuat kuisioner . saya awam dan belum pernah membuatnya , jadi saya mohon bantuannya untuk membantu saya membuat kuisioner . adapun yang mau saya teliti adalah pengaruh fenomena sosial terhadap kemajuan studi . Gimana ? apakah bisa di bantu ( Kalau boleh jawabannya , kirimjuga ke email saya ) maaf merepotkan .
    Terimakasih

  18. ann

    Bisa minta tolong di kirim e-mail contoh kuesionar tentang tingkat percya diri? tq

  19. tarie

    ana lg bkin skripsi tentang perilaku konsumen pendengar radio khususnya radio dakta di 107FM,tolong bantuannya..
    tolong bls k email ana y…syukron.

  20. iyam

    Bs bantu aq ndak…aq dah py data hasil dr kuisioner dgn skala likert pakai 5.
    trus gmn buat regresi n korelasi nya.
    variabel bebas nya ada 4 untuk uji t n uji F nya gmn ya…thanx

    • bLue_beRRy

      dear iyam… untk data yang menggunakan skala likert iyam bisa menggunakan regresi dan korelasi yang dikhususkan untk jenis data tersebut (skala likert termasuk dalam kategori tipe data ordinal). korelasi untk data ordinal iyam bisa menggunakan korelasi spearman, sedangkan regresinya g bisa digunakan adalah regresi logistik ordinal (bila y-nya berupa data interval/rasio dan x-nya berupa data ordinal)

  21. sup_pasta

    Salam kenal,

    Saya lg buat skripsi dan bingung untuk menentukan apakah harus menggunakan skala likert atau guttman?
    Apakah penggunaan skala tersebut sama saja atau tergantung pada tema skripsi?

    Tema skripsi saya “pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen restoran cepat saji KFC”

    Lebih bagus saya pake skala yg mana ya??

    Trims…

  22. dk

    salam kenal…
    saya sedang proses penelitian,untuk membuat kuesionernya saya msh kebingungan,bisa bantu saya??
    judul penelitian saya “hubungan faktor sosial ekonomi dengan kinerja kelompok tani”
    sy menggunakan skala likert untuk kuesionery,bisa gk tlg buatin contoh kuesionernya seperti apa??
    dengan variabeL X= umur,jumlah anggota keluarga,tingkat pendidikan,jumlah ternak,lama usaha,tingkat adopsi,keanggotaan dalam kelompok,status sosial

  23. Luh Sekar Ayuning Tyas

    Saya mo nanya, gimana sih bikin kuesioner tentang pengaruh tv terhadap pola pikir remaja.

    thxx, encharte…

  24. Sophian

    Halo bro, mohon bantuan..
    saya sedang penelitian untuk bantu spupu sy buat karya tulis (anak Politeknik kesehatan, jd buat karya tulis saja).

    nah, judul penelitiannya ” faktor-faktor yang menyebabkan perubahan jumlah kunjungan pasien rawat inap di puskesmas bla-bla-bla…)

    Saya tencana pakai skala 3 saja bro (bisa ya pakai skala 5 likert jg untuk karya tulis?), dengan asumsi jawaban BAIK (2) -CUKUP (1) -KURANG (0)… Nah masalahnya, sy tidak punya dasar literaturnya.. bagaimana menurut bro, ada tidak literatur dengan skala 3 bgitu? (PERTANYAAN 1)

    PERTANYAAN 2-nya, kalo bisa skala 3, jumlah item pertanyaannya 20, dengan 4 variabel, berarti masing-masing variabel terdiri dari 5 pertanyaan..
    nah yang membingungkan adalah penentuan interval skoringnya bro, sy lagi2 tidak punya dasarnya..
    yg jelas nilai tertinggi 40 (20×2), tengah 20 (20×1), dan bawah 0 (20×0)…
    saya sdh coba bagi beberapa, namun dosen penguji spupu saya tetap minta dasar penentuannya yang masuk akal bersumber dari jurnal atau buku… duh..

    Mohon pencerahannya..

  25. aretha

    bisa bantu aku gak? aku lagi bikin skripsi mengenai persepsi pada tayangan sinetron iayah di indosiar… ( kuantitatif).
    kata dosen aku, harus ada pertanyaan tiap satu soal,, tujuh pertanyaan.. bingung…
    operasionalisasi konsepnya dari jalaludin rachmat.. 1, perhatian, penafsiran, pengetahuan, penilaian…
    tolong bantu ya..

    makasiih..

  26. citra

    salam kenal, saya mau tanya dong. saya sedang menyusun skripsi tentang cluster analisis perilaku konsumen berdasarkan merek taksi yang digunakan. untuk membuat kuesionernya indikator/variabel yang digunakan apaa yaa? apa profil konsumen seperti demo&psikografis dpt dijadikan sebagai variabel utk kuesioner? tlg bantu kirim ke email yaa untuk meneliti perilaku konsumen, terima kasih banyaakk :)

  27. prima

    maaf mw tny soal likert, apakah dlm likert boleh menggunakan 3 pilihan jawaban dengan nilai 1, 3, 5? dan alternatif plhan jwbnny menggunakan pilihan tidak pernah, kadang-kadang, sering?. bls yah.
    trims.

  28. ananta

    studi tentang pengaruh terpaan tayangan dering 1212 telkomsel di RCTI terhadap tingkat penggunaan NSP siswa smu sejahtera 1 depok

    saya sedang bingung menentukan turunan dari variabel saya

    variabel X : tingkat terpaan

    variabel Y : tingkat penggunaan

    yang saya ingin tanyakan turunan dari variabel tersebut mulai dari “dimensi, indikator, hingga skalanya menurut likert..

  29. a_ridone

    salam…
    saya mau tanya nih saya merencanakan membuat tesis dari variabel penelitian x1,x2 dan x3 menggunakan skala likert sedang y mengunakan skala rasio (manajemen operasi). Yang saya tanyakan apakah bisa menggunakan skala pengukuran berbeda yang seperti diatas dan bagaimana jika diregresikan
    terima kasih.

  30. purnama

    dear ana…sy lg proses penyusunan skripsi, bisa mnta tlong kirimin contoh2 kuresioner yang ada hubungannya tentang sikap sosial anak didik (siswa),,soalnya dlm mmbuat kuesionernya susah mencari pertanyaan yang cocok dengan penelitiannya. mohon dibantu ya,,thank

  31. purnama

    makasii…

  32. sumantri

    saya mo tanya,,,penelitian saya yang mo lakukan mengenai pembinaan, kemudian teknik pengumpulan data menggunkan angket kuesioner yng memakai skala likert,,,tp saya gak tau bagaimana menentukan poin/nilai dari setiap jawaban atau optionnya? option yang saya pakai,,,(selalu, sering, kadang-kadang, jarang, dan tidak pernah?,,thx,,

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.